satu kata dan hanya satu kata HMS sukses

Home » » LOKAKARYA PKM

LOKAKARYA PKM

Written By Unknown on Kamis, 06 Maret 2014 | 00.04

Sabtu, 1 Maret 2014 telah dilaksanakan kegiatan LOKAKARYA PKM yang bertempat di Ruang AVA Gedung D9 Lantai 4. Kegiatan perdana pengurus HMS 2014 sukses dilaksanakan tanpa adanya kendala yang besar. Walaupun persiapan hanya dalam waktu seminggu saja, namun berkat kekompakan dan kerjasama yang baik dapat menjalankan amanah dari jurusan untuk melaksanakan kegiatan LOKAKARYA PKM.
Persiapan acara mulai pukul 06.00. Seluruh panitia menyiapkan peralatan dan perlengkapan masing-masing sesuai dengan job description yang telah dibuat. Tiga puluh menit sebelum acara dilakukan gladi bersih, yang sebelumnya telah diberikan briefing ulang oleh koordinator sie acara demi kelancaran kegiatan. Usai melakukan registrasi peserta dibagikan fotocopy dan konsumsi. Peserta duduk di tempat yang telah disediakan. Tepat pukul 08.00 acara dimulai. MC membuka acara dengan membacakan susunan acara dan menyambut kedatangan Bapak Fahmi (Dosen Teknik Elektro). MC tidak lupa pula untuk menyapa para peserta LOKAKARYA PKM.
           

 Setelah MC membacakan susunan acara, peserta disejukkan oleh lantunan tilawah Al Qur’an oleh Arin PTB-D 2013. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua peserta, panitia, dan pemateri yang dipimpin oleh Agustin PTB-D 2013. Peserta dengan khidmat mendengarkan tilawatil dan kemudian menyanyikan lagu kebangsaan kita. Setelah peserta dipersilahkan duduk, ketua pelaksana LOKAKARYA PKM, Rahmad Malik TSB-A 2013, memberikan sambutan untuk seluruh peserta kegiatan. Sambutan dilanjutkan Bapak Adjib selaku Kepala Jurusan Teknik Sipil. Beliau mendukung dan memberikan semangat pada peserta untuk terus menulis PKM. Beliau mengharapkan melalui program PKM ini kita diharapkan bisa lebih maju, kreatif, inovatif, dan kritis untuk membanggakan jurusan kita.
            Setelah sambutan-sambutan disampaikan, MC memberikan jargon agar mereka lebih semangat. LOKAKARYA PKM... Semangat! Semangat! Semangat!!  :D
            Materi pertama disampaikan oleh Bapak Fahmi dari Jurusan Teknik Elektro. Beliau menjelaskan mengenai tuntutan sinergitas antara mahasiswa dan dosen pembimbing. Nantinya mahasiswa tidak harus berpatner dengan teman sejurusan, karena bukan tidak mungkin jika materi yang menjadi gagasan dalam ide PKM tidak sepenuhnya berkaitan dengan materi ketekniksipilan.

            Acara dilanjutkan dengan materi kedua oleh Bapak Eko Suwarno, membahas tentang pengenalan ide dengan suasana yang berbeda. Peserta terlihat segar dengan gaya presentasi dari Bapak Suwarno. Dari logat dan tingkah Bapak Suwarno ini peserta dibuat santai, namun tetap serius mencerna materi yang beliau sampaikan. Tidak hanya menerima materi, peserta juga dihibur dengan penampilan akustik dari Iga PTB-A, Esa TS-A, Herrico TS-C, dan Nur Julianto TS-C dengan membawakan dua buah lagu. Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Karyadi mengenai penajaman ide. Beliau juga memberikan usul untuk kembali mengadakan acara serupa yang berkenaan dengan follow up penulisan PKM. Peserta akan dibimbing dan dilayani untuk berkonsultasi dalam melakukan penulisan PKM. Disampaikan pula langkah-langkah awal untuk melakukan penyusunan PKM hingga menjadi tulisan yang baik dan benar. Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Solichin mengenai tips-tips untuk lolos seleksi PKM. Beliau menyampaikan informasi pengunduran tanggal pengumpulan PKM GT-AI yang awalnya pengumpulan tanggal 27 Maret untuk PKM GT diundur menjadi 3 April 2014.

 
Di akhir acara, para peserta kembali dibangkitkan semangatnya dengan teriakan jargon penyemangat yang dipandu oleh MC. Dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh rekan Laksmono PTB-B 2013. Peserta dipersilahkan untuk bersantai sejenak selagi menunggu Bapak Pendamping HMS, Bapak Apif untuk membuka secara resmi kegiatan follow up PKM yang akan berlangsung selama satu bulan ke depan.
Selesai memberikan sambutan MC kembali mengingatkan akan diadakannya acara follow up LOKAKARYA PKM pada hari Minggu tanggal 9 Maret 2014. Setelah semua peserta menuliskan pesan dan kesan, dibagikan pula sticker pada setiap peserta. Peserta meninggalkan ruang AVA tepat pukul 13. 20.

Dengan selesainya acara LOKAKARYA PKM bukan berarti telah selesai tanggung jawab HMS. Namun berangkat dari LOKAKARYA PKM diharapkan mahasiswa Teknik Sipil mulai menciptakan ide kreatif dan inovatif yang dituangkan dalam PKM sehingga mampu mewujudkan Jurusan Teknik Sipil berprestasi. Ayo kita ikuti agenda HMS selanjutnya untuk acara follow up PKM, Minggu, 9 Maret 2014.


3 komentar: